Bentol Gara-Gara Nyamuk

Standard

Nyamuk tuh hewan yang sering mengganggu saat kita lagi asik belajar. Dulu aku pernah menemukan nyamuk anopheles di belakang rumah, karena tubuhnya yang lebih gede dari nyamuk biasanya ia terbang lambat banget. Tergoda deh untuk menangkap nyamuk itu dengan tangan kosong.

Alhasil aku dapatkan nyamuk itu untuk koleksi di toples kecil- kecil, yang dah liat baru anak- anak rohis yang pernah ke rumahku nengokin aku pas sakit. Padahal dah lama banget yah, tapi aku baru sanggup bikin grup ini sekarang, jadi ini fakanya:

Nyamuk betina sama jantan itu sebenernya makanannya nektar bunga. Sewaktu nyamuk jantan mejeng bikin gerombolan ternyata mereka tuh sebenernya pingin kawin, seeet pas betina masuk ke area jantan, kan pada berebut tuh, siapa nyamuk yang SEPIT nya berhasil mengikat Si betina, jreng jreng itulah pemenangnya.(kira- kira kalau saya gambarkan seperti gambar diberikut)

Merekapun kawin di udara, waktunya ga lama. Setelah perkawinan itu si jantan kembali ke kelompoknya semula. Karena ibu nyamuk lagi mengandung dia butuh protein untuk menghidupi buah hatinya. Caranya yaa ngisep darah manusia. Ting, ibu nyamuk mencari pembuluh darah dari kedaan tubuh kita yang panas. Jadi walaupun kita ngasih bom asap sama nyamuk, ahh ga ngaruh. Diakan merasakan, bukan melihat,hee

Tlep, nah loh kalo dah nempel jurus jarum suntiknya beraksi. Menurut pengalamanku nyamuk ga langsung nancepin jarum itu ke kulit, dia nunggu beberapa saat dulu. Kalo timing nya dah tepat dia baru melancarkan misinya. Yang menurut kita misi itu jahat, karena membuat kita bentol- bentol. But, buat si ibu nyamuk misinya mulia lho, kan buat asupan nutrisi anaknya,hee

Tapi kok tubuh kita ga melakukan perlawanan apa- apa yaa? Katanya kan di kelas 11 SMA dah diajarin adanya sistem imun. Harusnya kalo kulit kita dilukai sama jarumnya yaa enzim di darah kita beraksi untuk langsung peka menutup luka tersebut. Tapi kok tetep aja bolong dan bentol ?

Terus terang aku merasa dibohongi, waktu kecil kalo aku Tanya ke bu guru, nyamuk makanannya apa? “darah manusia”… itu selalu tertanam di benakku selama bertahun- tahun. Sampai akhirnya aku tahu kalo darah itu bukan makanan pokok dan yang ngisep juga Cuma nyamuk betina. Dia Cuma butuh protein dari darah buat keturunannya.

Oke ada lagi nih nyamuk bukan nusukin jarum yang dia punya coz kalo pas aku nangkep nyamuk, aku pegang alat penusuknya,hmm sangat lemah juga tidak kuat seperti jarum jahit. Ternyata dia pake teknik gergaji. Tugas utamanya dilakukan sama rahang atas yang tajam dan rahang bawah yang memiliki gigi yang membengkok ke belakang. Ia menggerakan rahang bawah maju mundur seperti gergaji dan mengiris kulit dengan bantuan rahang atas. Pas jarum diselipkan melalui irisan tadi sudah sampai ke pembuluh darah, maka pengeboran selesai, tinggal dihisap.

Ternyata si nyamuk bisa tahu ada sistem imun di tubuh kita, padahalkan ga ada sekolah nyamuk, nah loh! Nyamuk punya penangkal pembekuan darah sehingga tubuh memberikan respon rasa gatal dan bentol. Cairan ini ternyata menetralkan enzim pembeku darah sehingga nyamuk bisa mengambil darah manusia sampai perutnya penuh.

Kalo inget nyamuk pasti inget syair lagunya endank soekamti? Yaa kan? Sepertinya hanya band ini yang mengusung nyamuk sebagai kata unik di dalamnya. Perlu diketahui juga nyamuk ada juga lho di al- quran.

“nyamuk- nyamuk pun tak boleh menggigitku hari ini, aku sedang tidak mendonor darahku..”(endank soekamti)

“Sesungguhnya, Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang- orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” dengan perumpamaaan itu banyak orang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu pula orang yang Diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada orang yang disesatkan denagn perumpamaan itu kecuali orang fasik.”, Al baqarah ayat 26

Akhir kata dari saya, dari surat tersebut terlihat bahwa materi yang diberikan sama tapi ada dua jalan yang menjadi hasil, baik atau kah buruk. Kegagalan dekat dengan keberhasilan, begitupun sebaliknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s