True Friend

Standard

Judul : True Friend jurus dasyat milih sahabat

Penulis : Rahman Hanifan

Penerbit : Qudsi Media

Kota/tahun : Januari 2008

Ukuran : 19,5×13,2cm

Cetakan : ke I

Halaman : vi+180 hlm

No ISBN : 979-1149-14-3

Sahabat sejati adalah teman yang berusaha untuk menjalani rasa dengan kita atau beberapa teman lain, berusaha untuk berbagi suka dan duka, berbagi pengalaman, saling memotivasi agar kehidupan lebih baik dan lebih bermanfaat dunia akhirat

Penulis memiliki geng putih, prinsipnya

1. Allah tujuannya

2. Al- Quran aturan mainnya

3. Rasulullah guru besarnya

4. Jihad jalan hidupnya

5. Syahid cita- citanya

Kadang orang punya banyak teman, di sekolah, di kampus atau di kampong. Tapi dia ngerasa ga ada yang cocok dari segi pemikirannya. Visinya beda banget. Alangkah susahnya mencari kawan.

Mau banyak teman?

Ni,brung dong di organisasi dan kegiatan di sekitar kamu. Seperti ikut seminar, bedah buku, pengajian rutin, dll.

Kita jadikan setiap kesempatan, setiap pertamuan, setiap kegitan bersama unutk menambah sahabat. Kalo punya kenalan baik- baik, untung sampingannya kita bisa ketularan nama baiknya juga lah.

Jangan asal nyari temen loh??

Ciri- cirri teman sejati

1. Suka mengucapkan salam kepada siapa saja yang pernah dikenal

2. Mudah bergaul dan punya banyak teman

3. Wajahnya cerah

4. Sholatnya rajin

5. Sholat sunnahnya rajin

6. Banyak senyum

7. Kalo tidur bibirnya sering kelihatan senyum

8. Pede pake baju muslim

9. Berani menegur secara halus jika temannya salah

10. Suka ngasih sesuatu ke orang lain

11. Ga buang- buang waktu

12. Optimis menjalani hidup

13. Jarang Nampak sedih atau berduka

Teman adalah cerminan dari sifatmu. Jadikan temanmu sebagai seseorang guru yang mengajarimu budi pekerti. Kalau hatimu kasar maka duduklah dengan para ahli dzikir dan orang- orang zuhud.

Manfaat persahabatan dengna siapapun adalah sebagai ajang belajar ketika berbicara, jadikanlah itu sebagai latihan untuk memperhalus tutur kata dam mempercantik budi bahasa. Jadikanlah temanmu sebagai seorang guru yang mengajarimu budi pekerti dan akhlak mulia (buku the art of wordly wisdom)

Jika kamu bertemu irang yang judes, pemarah dll, ga usah dibenci orangnya. Tapi benci kelakuannya atau sifat buruknya. Siapa tahu suatu saat ia akan jadi orang yang baik untukmu. Mungkin dia Cuma belum ngerti atau belum tersentuh dakwah.

Emangsih kita punya pilihan

Kita boleh pilih untuk suka menyendiri, beribadah, nyari duit, baca buku terus atau bahkan selalu mengurung diri di kamar. Tapi kita punya pilihan sebaliknya. Kita bisa membuka diri, tampil di masyarakat, ikut berperan di organisasi, bahkan jadi pemimpin bagi orang lain.

Allah menilai seseorang dari tingkat ketakwaannya tidak diukur dari popular, kedudukan dsb. So pede aja lagi.

Dimana berada enjoy aja…

Harus pinter- pinter nyesuaiin diri dengan lingkungan dimana kamu berada. Yang penting semua dinikmati aja. Di lingkungan manapun, bareng siapapun, dalam suasana apapun enjoy aja ya.

Salah satu ujian besar bagi manusia (terutama yang masih single) adalah nafsu syahwatnya terhadap lawan jenis. Keinginan untuk berdekatan, dan berhubungna dengan lawan jenis betapa sulitnya dikendalikan. Dan kalau tidak dapat disalurkan dengan benar maka hal itu akan berpengaruh buruk pada kondisi kejiwaan seseorang.

Ingat GHADUL BASHAR= Menundukan pandangan. Berkomunikasilah dengan cinta (ini etikanya)

Gaul bukan berarti harus banyak omong loh. Misal tontonan bola diomongon sama temen sekelas eh pulangnya diomongn lagi sama ortu ngebahas hal yang detil. ITU HAL YANG SIA-SIA. Kebanyakan banyol ga bagus juga loh.

“Janganlah engkau bersenda gurau. Karena senda gurau itu akan menghilangkan kewibawaan dan harga diri serta menyempitkan hati”

“Takutkah dengan senda gurau karena kebodohan senda gurau itu mewariskan kedengkian”

Kalo bicara seperlunya aja

Kita harus atur omongan kita agar bisa dipertanggung jawabkan. Jangan NATO (Not Action Talk Only) kita juga harus efektif dalam berbicara. Cari dulu kata- kata yang yang benar dan bermanfaat, abru diucapin. Jangna asal ngebrondong kata- kata orang lain. Selain bisa bikin mulut capek, bisa jadi ga diperhatiin sama orang yang kita ajak bicara.

Trik Bicara

1. Gunain Open System, terima kritik dan saran

2. Gunakan gaya SNIPER, tepat sasaran dan bermanfaat

3. Gunain Gaya Aikido, Kalo diserang menghindar dulu, kemudian mencari kelemahan lawan untuk menyerang.

Ada pembicaraan yang bermanfaat dan ada pula yang sia- sia

Indahnya Huznudzon

Kalo ada yang berbut tidak semestinya loe mikir dulu:

1. “Ah barangkali perbuatanya tadi ga disengaja”

2. “Ah mungkin orang itu belum tahu kalo perbuatannya ga baik”

3. “Oo, mungkin dia lagi emosi aja”

Kata iman Al- Gazali, Tiap orang ngelakuin kesalahan. Kita harus nyari alas an yang dapat dibenarkan sampai 70 kali.

Jangan mengeluh, kata ilmu sugestapologi jangan sampai keluhanmu itu bisa bikin kamu terus- terusan sedih.

JIka kita berusaha memahami orang lain, maka akan lebih mudah bagi kita untuk berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengna kondisi orang lain. Pada akhirnya kita akan lebih mudah juga unutk menarik simpati dari orang lain

Keluarkan dan tunjukan seluruh kemampuanmu bukan untuk menjadi sombong dan bangga diri, tapi untuk kemajuan dan keberhasilan.

Pecinta sejati

Bedanya jatuh cinta dan mencintai

1. Konteks Jatuh cinta itu terpaksa, hanya karena fisiknya, jika nemu yang lebih paling ninggalin yang dulu. Terus kalo jatuh cinta biasanya berharap mesra, kalo semua itu udah ga bisa didapet ya pudar cintanya.

2. Mencintai. Orang yang mencintai ga mengharap dapet apa- apa yang penting udah member cinta. Itu sudah membuatnya bahagia. Walau cintanya sama sekali ga pernah terbalas . pokoknya ia trus member dan member cinta. Kepada siapa saja tak peduli kaya miskin, cakep jelek, tua muda apalagi kurus gemuk. Namanya aja sudah mencintai, member cinta denga tulus hati